Apa Itu Fly Tying

Salam Strike....
Hari ini saya ingin mengulas apa yang dimaksut dengan fly tying dalam tehnik memancing dengan metode atau cara fly fishing, Fly Fishing yaitu metode mancing yang sangat ngetren di dunia terutama di benua Amerika dan Eropa. Tetapi sebelum kita mengulas apa itu fly fishing alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu flies atau umpan buatan yang terbuat dari beberapa matrial seperti bulu ayam, bulu burung, plastik, spon dan masih banyak lagi matrial fly tying yang tersedia dialam maupun yang telah siap pakai dan dijual ditoko toko fly fishing, dimana kita bisa membeli matrial fly tying? nanti akan kita bahas lagi diseksion yang lain.
Sebelum kita membahas matrial tying yuk kita lihat dulu apa saja yang dibutuhkan dalam membuat flies atau umpan buatan untuk memancing ikan dialam bebas seperti sungai, danau, laut, rawa dan tempat tempat yang dihuni oleh ikan.

Berikut adalah alat alat yang dibutuhkan umtuk membuat flies.

1. Vise / Tanggem
Tying Vise atau Tanggem
Vise dalam bahasa indonesia bisa diartikan tanggem atau penjepit suatu benda dalam skala diameter yang kecil. Dalam dunia fly tying alatnya seperti yang terlihat di gambar, Ukuran berapa saja yang bisa di jepit oleh alat ini? nanti kita bahas diseksian yang lain.
Ada beberapa macam Vise yang beredar dipasaran dari mulai harga puluhan juta hingga ratusan ribu rupiah,
Bila kantong anda tebal ada bisa saja membeli alat ini dengan harga puluhan juta, tapi untuk pemula saya sarankan untuk membeli yang harga dibawah satu juta, karna dengan harga dibawah satu juta anda bisa menghemat biaya untuk membeli alat fly tying yang lain, seperti Bobin, Scissor, Benang, dan tentu matrial tying yang tidak ada di sekitar anda.

2.  Bobin
Bobin alat memegang thread atau benang tying
Bobin adalah alat yang dipakai saat anda ingin mengikat matrial tying dengan benang ke mata pancing, silahkan lihat gambarnya diselah kiri.
Ada beberapa macam bentuk Bobin itu sendiri, ada yang besar/magnum, sedang/supreme dan kecil/curved. Setiap merk berbeda bentuk dan desain Bobinnya, tapi pada dasarnya sama saja fungsinya, yaitu alat untuk memegang benang saat mau mengikat matrial tying ke mata pancing. Harga juga bervariasi dari yang mulai harga juta-an rupiah sampai puluhan ribu saja juga ada, Dimana bisa mendapatkan alat ini? nanti kita bahas diseksion berikutnya.



3. Scissor / Gunting
Gunting untuk merapikan flies
Scissor atau gunting, Yah namnya saja gunting alat yang bisa dipakai umyuk memotong benda, Dalam fly tying yang dipotong dengan alat ini, benang dan matrial tying yang berupa bulu, plastik, foam/busa dll.
Untuk harga alat ini tidak mahal hanya dengan puluhan ribu rupiah saja anda bisa mendapatkannya. Tapi jangan salah Gunting pun ada yang harganya sampai juta-an rupiah, Dimana bisa mendapatkan alat ini? Nanti kita bahas diseksion berikutnya.





4.Thread / Benang
Benang Tying
Benang sangat mutlak dibutuhkan dalam membuat flies / umpan mancing buatan, karna benda ini yang dipakai untuk mengikat matrial tying ke mata pancing, ada beberapa ukuran benang tying dari ukuran 0/1 sampai 0/8 dan sebagainya, Bila anda ingin mengikat mattial tying ke mata pancing yang kecil maka anda membutuhkan benang dengan ukuran yang kecil juga, maka dari itu benangpun disesuaikan ukurannya, Berapa saja ukuran benang ini dan dimana bisa mendapatkan benang ini ? Nanti kita bahas di lain seksion.


Nah Sobat alat alat tersebut yang harus anda punya bila ingin membuat flies / umpan buatan dari bulu burung, Bulu ayam, Plastik, Foam/Busa dll.
Dan tentu saja masih banyak alat-alat lainnya yang sangat mendukung untuk proses membuat flies.


Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

17 February 2015 at 13:43

wah ternyata hanya untuk memancing saja alatnya banyak juga ya gan,,harganya juga wah mulai sampai yang sederhana sampai puluhan juta..

18 February 2015 at 04:36

Yup bener gan, khususnya buat fly fishing ini, karena masih banyak alat maupun matrial yang mau tidak mau harius kita import lgs dari manca negara khususnya Amerika gan..

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fly Fishing Mania - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger